APA ITU HETEROSEKSUAL?
Kata heteroseksual juga banyak digunakan dalam berbagai disiplin ilmu yang bisa dipakai untuk orientasi seksual, identitas seksual dan sosial, atau tindakan seks.

Jika pembaca menemukan kalimat seperti ini: Orientasi seks sesuai fitrah atau tindakan seks sesuai fitrah maka kalimat itu maksudnya adalah orientasi dan tindakan heteroseksual (contohnya laki-laki tertarik secara seks atau melakukan hubungan seks dengan perempuan)

APA ITU HOMOSEKSUAL?
Istilah homoseks atau homoseksual mempunyai hampir 100 makna yang berbeda sejak awal digunakan hingga sekarang. Selain digunakan untuk menjelaskan identitas seksual secara luas istilah ini juga digunakan dalam orientasi dan aktivitas seksual sesama jenis.

Sebagian besar negara menggunakan kata ini untuk menunjuk kan bahwa seseorang tertarik kepada sesama jenis lebih fokus kepada seks semata (boleh jadi ada cinta sesama jenis atau tidak) akan tetapi
lebih cenderung kepada ‘aktivitas’ seks sesama jenis. Sebagian masyarakat Inggris sampai saat ini masih menggunakan istilah homosexual untuk menunjukkan seseorang beridentitas seksual sebagai gay.

APA ITU BISEKSUAL?
Lihat penjelasan istilah homoseksual hanya saja kata ini menjalaskan orientasi seks, tindakan seks, atau identitas seksual dan sosial kepada sesama sekaligus lain jenis.

APA ITU ASEKSUAL?
Istilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa seseorang tidak mempunyai pengalaman, sedikit pengalaman, atau bahkan tidak ada sama sekali ketertarikan dalam seks.

Dengan kata lain orang tersebut tidak memiliki rasa ketertarikan untuk melakukan seks atau tidak mempunyai sex orientation kepada siapa pun atau apa pun. Kadangkala orang aseksual bisa saja melakukan pernikahan namun tidak ingin melakukan hubungan seks.

Beberapa di antaranya juga melakukan hubungan seksual walau sedikit atau karena terpaksa. Para ilmuwan memperkirakan bahwa jumlah orang aseksual di dunia sekitar 1% dari populasi manusia.

Aseksual berbeda dengan frigid, frigid adalah gangguan seks semacam lemah syahwat di kalangan perempuan. Penyebab frigid bisa karena psikologis atau biologis. Perempuan yang mengalami frigid kadang bukan hanya ketakutan untuk melakukan seks bahkan sampai kesakitan ketika melakukannya sebab tidak adanya cairan pelumas alami saat berhubungan seks.

APA ITU SAME-SEX ATTRACTION (SSA)?
Pada awalnya SSA (same sex attraction) sering digunakan oleh organisasi atau badan yang menyediakan layanan Conversion Therapy/Reparative Therapy. Terapi ini bertujuan mengubah orientasi homoseksual baik secara sukarela atau karena pandangan sebagian psikiater yang berasumsi bahwa homoseksual adalah gangguan jiwa sehingga pasien harus mengubahnya.


SSA digunakan untuk memaparkan bahwa seseorang mempunyai rasa ketertarikan seksual kepada sesama jenis, baik secara total (betul-betul hanya tertarik kepada sesama jenis) atau sebagian (masih ada rasa ketertarikan seks dengan lain jenis). SSA juga sering digunakan untuk menggantikan istilah homosexual orientation (orientasi homoseksual) dan bisexual orientation (orientasi biseksual)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *