About Us

Peduli Sahabat
Konsultasi dan pendampingan seputar dunia orientasi seksual dan identitas sosial non-heteroseksual (orang sering menyebut dengan istilah LGBT)

Latar Belakang
Semakin maraknya orang dengan orientasi seksual dan identitas sosial non-heteroseksual di Indonesia ternyata menimbulkan keresahan tersendiri di kalangan masyarakat. Kalau sekadar informasi tentang hukum tindakan seksual sesama jenis secara agama, budaya, atau peraturan pemerintah maka banyak orang bisa mencarinya secara gratis di Internet. Hanya saja masalah yang timbul bukan semudah itu.
Masyarakat membutuhkan informasi seputar orientasi seksual dan identitas sosial non-heteroseksual secara objektif, baik yang pro atau kontra. Mereka juga memerlukan bantuan ‘gratis’ apabila, salah satu dari mereka dan kerabatnya, merasa tidak nyaman dengan orientasi seksual atau identitas sosial non-heteroseksual. Apa yang sebaiknya mereka lakukan agar bisa mengikuti aturan agama, budaya, dan peraturan pemerintah meskipun ‘berbeda’?

Visi
Menjadi sahabat, dalam norma agama dan budaya Indonesia, bagi individu yang mempunyai orientasi seksual atau identitas sosial non-heteroseksual dan keluarga serta orang terdekatnya.

Misi
Memberikan pendampingan dan konsultasi secara pribadi kepada individu yang merasa hidup tidak nyaman dengan alasan sebagai berikut.

  1. Istri/suami yang mengetahui (baik secara langsung atau tidak) pasangannya berorientasi seksual atau beridentitas sosial non-heteroseksual.
  2. Orang tua yang mengetahui (baik secara langsung atau tidak) anaknya berorientasi seksual atau beridentitas non-heteroseksual, atau sebaliknya.
  3. Keluarga dan saudara dekat yang mengetahui seseorang mempunyai orientasi seksual atau beridentitas sosial non-heteroseksual.
  4. Seseorang yang mempunyai orientasi seksual atau beridentitas sosial non-heteroseksual.


Tujuan
Menjadi sahabat terbaik, sesuai norma agama dan budaya, bagi setiap individu yang mempunyai orientasi seksual atau identitas sosial non-heteroseksual dan keluarga serta orang terdekatnya.

Susunan Pengurus
Pembina:
– Dr. dr. Fidiansjah, Sp. KJ, MPH
– dr. Agung Frijanto, SpKJ
– Rita Soebagio, Spt, M.Si
– Raikaty S Panyiilie, B.Sc.

Pengawas
– dr.Prianto Djatmiko, SpKJ
– Dr. Dinar Dewi Kania
– Dr. Syaiful Bahri

Ketua
– Agung Sugiarto, S.Pd

Sekretaris
– Sarah Larasati Mantovani, S.H., M.P.I
– Jumiatun Diniah, S.Psi

Bendahara
– Tetraswari D, SE.Ak.
– Suci Susanti, S.Sos.I

Pengolah Data dan Penelitian
– Arif Santoso, ST
– Galuh Andina Putri, M.Psi
– Vequentina Puspa Indah, M.Psi, Psi
– Kusuma Wijaya Paputungan, S.Psi

Pendampingan Layanan
– Yurisa Nurhidayati, S.psi
– Wulan Irodatiah R, S.Psi, Psi
– Nurtika Ulfah, M.Psi, Psi

Pendampingan Hukum
– Edy Wirastho, SE.MPI
– Miftahul Jannah, M.Psi, Psi

Humas
– Ayub, S.Pd.I
– Sinta Yudisia Wisudanti, S.Psi

9 thoughts on “About Us

  1. Assalamu’alaikum.wr.wb
    Malam..mau tanya cara gabung dengan peduli sahabat gimana ya? Relawan atau sebagai team? Nuwun infonya. Wassalamu’alaikum

  2. Saya memiliki keponakan terindikasi lesbi,ibunya sangat tertekan,bagaimana kami bs mengakses layanan peduli sahabat..mohon pencerahannya,terimakasih

  3. Terimakasih telah memunculkan forum ini yg bertujuan mulia untuk memulihkan teman teman LGBT untuk penyembuhan. Saya ingin berkonsultasi dan menyembuhkan total penyakit ini. Dan berhijrah kembali ke Fitrah saya sebagai Mahkluk Allah sebagai lelaki “utuh” mohon bantuannya memberi kontak atau alamat yg dihubungi. Syukron jazakallah

  4. Barakallah….. InsyaAllah Peduli Sahabat ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi yang membutuhkannya. Semoga Peduli Sahabat ini bisa menjadi salah satu wadah untuk berbuat amal ma’ruf nahi mungkar. Semoga para pengurusnya,relawannya,para pendukungnya selalu diberikan kekuatan untuk selalu istiqomah di jalan Allah.Aamiin….
    TETAP SEMANGAT

  5. Salam,

    Peduli Sahabat mohon info apakah ada penanganan terhadap kenakalan remaja?
    (diluar dunia orientasi seksual dan identitas sosial non-heteroseksual)

    Terimakasih

  6. Saya mau bertanya; ada saudara seorang perempuan, awalnya diketahui oleh orang tuanya dari orangtua temannya bahwa anaknya suka sama anaknya yang juga perempuan. hal ini diketahui saat orangtua teman melihat mereka sedang ciuman. Orangtua temannya menelepon orangtua saudara saya. Akhirnya anak ini dapat dipisahkan dengan kerja berhenti. Saudara saya mulai dengan kerja ditempat lain dan dalam pengawasan orangtuanya. Hanya sudah kurang lebih 5 bulan ini, setiap saat lagi libur kerja saudara saya tidak pulang kerumah dan kembali saat mau kerja lagi. Orangtua sudah pernah bertanya kepadanya, tetapi tidak ada jawaban. Usia saudara saya sudah 27 tahun dan untuk sholat sangat susah. Bagaimana saya dapat mendekatinya, karena untuk mengobrol saja tertutup?

  7. assalamualakum,
    salam sejahtera untuk kita semua, perkenalkan nama saya muhammad firdaus dari universitas andalas. peduli sahabat merupakan suatu institusi pertama yang peduli dengan LGBT. saya dan teman-teman sangat senang jika sudah ada lembaga untuk memecahkan solusi LGBT di kalangan masyarakat.
    untuk memperlancar, dan mempermudah kinerja, dan memperluas kampanye solusi LGBT. saya rekomendasikan untuk merekruut beberapa mahasiswa dari beberapa universitas di Indonesia untuk memperlancar kampanyeanti LGBT dan Solusi LGBT.
    mengingat bahwa mahasiswa memiliki fungsi sebagai kontrol sosial.

    Peduli sahabat, dimohon untuk menanggapi.

  8. Ingin buka cabang di wil.Makassar (Sul-Sel) byk teman2 yg butuh bantuan u move on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *