Tanda Kamu Butuh Detox Smartphone

sumber gambar : https://www.chanty.com/blog/wp-content/uploads/2019/01/Smartphone-detox-740×380.png

Hai sobat peduli, kali ini saya mau tanya sedikit nih sama kalian. Pernahkah kalian merasa gelisah saat tidak menggenggam smartphone walau hanya satu jam saja ? Apakah saat bangun tidur kalian langsung kebingungan mencari smartphone kalian ? Apakah kalian juga hobi stalking di medsos ? Atau juga apakah kalian lebih suka sharing privasimu di medsos ?

Jika sobat pernah mengalami hal tersebut atau saat ini sedang mengalami hal tersebut, emm mungkin sobat perlu yang namanya mendetox tubuh dari smartphone. Tanpa disadari dengan berkembangnya teknologi saat ini terutama smartphone, semua orang bisa memilikinya, dulu hanya sebagian orang kelas menengah keatas saja yang bisa memiliki smatrphone, namun kali ini semua kalangan bawah maupun atas dari yang anak – anak, dewasa, maupunn lanjut usia sekarang semua bisa memiliki yang namaya smartphone.

Namun banyak dari pengguna smartphone yang kurang sadar dan bijak dalam penggunaan smartphone hingga bila digunakan secara berlebih akan menimbulkan candu yang akan memberikan dampak bagi kehidupan. Ya mungkin dengan adanya smartphone dampak positifnya banyak membuka lapangan pekerjaan seperti ojek online, juga dengan smartphone akan lebih mempermudah saat kita menginginkan sesuatu, tinggal cari di mesin pencarian semua akan keluar sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Namung jangan senang dulu bila mana sobat terlau berlebihan dan tidak bijak dalam menggunakan smartphone kaliana akan menjadi candu dan mungkin akan mengalami yang hal seperti yang saya tanyakan tadi. Itu hanya beberapa, masih banyak lagi dampak negatif saat sobat sudah menjadi candu smartphone dari gaya hidup, pola hidup dan juga aspek sosial, sudah banyak beredar berita tentang bagaimana dahsyatnya dampak negatif dari kecanduan smartphone.

Di sisi lain saat sobat sudah kecanduan smartphone tubuh sobat juga akan terkena dampaknya juga, seperti :

Gangguan Tidur

Pantulan cahaya biru dari layar ponsel menghambat produksi hormon dan melatonin yang menyebabkan rasa kantuk.

Saat siang hari, cahaya biru dari matahari diserap oleh matamu, dan ketika cahaya biru dari ponsel diserap mata pada malam hari akan mengganggu ritme sirkadian yang menyebabkan kamu tidak tidur atau istirahat di malam hari.

Sebuah studi yang dilakukan universitas di Seoul, Korea, membandingkan kesehatan kalangan remaja yang sudah kecanduan smartphone dengan teman sebayanya yang sebaliknya tidak kecanduan ponsel.

Dalam studi tersebut menemukan para remaja yang sudah kecanduan smartphone mengalami tingkat kecemasan, insomnia, depresi, serta implusif yang sangat tinggi.

Sakit Leher

Sakit di bagian leher merupakan salah satu dampak buruk dari keseringan menggunakan ponsel. Dokter juga mengungkap, angka orang yang mengeluhkan sakit leher meningkat.

Diduga yang menjadi penyebab masalah tersebut akibat terlalu lama menunduk ketika menggunakan smartphone.

Text Claw

Text claw adalah istilah yang diciptakan untuk menggambarkan rasa sakit dan kram akibat terlalu sering menggunakan ponsel.

Menggenggam smartphone secara terus-menerus bisa menyebabkan masalah tendon dan peradangan, terutama pada ibu jari yang biasa digunakan mengetik di layar ponsel.

Jika sobat sudah merasakan beberapa gejala tersebut dan sudah mengalami apa yang saya tanyakan tadi di awal, sudah saatnya sekarang buat sobat untuk mulai mendetox tubuh dari smartphone. Jangan sampai hanya karena kita terlalu asyik dan candu dengan smartphone kehidupan kita menjadi korban.

sumber penulisan : https://www.harapanrakyat.com/2019/12/detox-smartphone-penting-dilakukan-agar-hidup-kamu-lebih-sehat/ Oleh Eva Latifah -08/12/2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *