Jangan Risih, Pendidikan Seksualitas Usia dini Itu Perlu

sumber gambar : https://4.bp.blogspot.com/-FywsfrKQE0w/WRKlwbY3LmI/AAAAAAAAE8g/NASoFG0qrj8F5Qpx2NPXOKIW5cPwjopOACLcB/s1600/Pentingnya%2BPendidikan%2BSeks%2BUsia%2BDini.jpg

Hello sahabat peduli kali ini mari kita bahas sesuatu yang diantara banyak orang tua masih risih atau tabu jika mendengarkannya ataupun juga masih enggan mengajarkannnya kepada anak dengan alasan menunggu umur yang tepat, Tapi kapan ???

Yak apakah itu ? Yups betul Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini, kenapa kita perlu bahas tema ini, karena sebagian dari orang tua menganggap pendidikan seks usia dini hanya menuju kepada aktivitas seksual padahal sebenarnya tujuan dari dari pendidikan seks usia dini adalah untuk memperkenalkan anak tentang kesehatan reproduksi manusia dari cara menjaga kebersihannya, mengetahui perbedaan jenis kelamin, bagian tubuh mana yang tidak boleh dipegang oleh orang lain, semua itu perlu diajarkan kepada anak sedini mungkin secara bertahap tentunya dengan penjelasan yang mudah dan menyenangkan agar anak mudah mengerti.

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pun menyarankan setiap negara di dunia untuk menerapkan pendidikan seksual yang komprehensif, termasuk Indonesia. Rekomendasi ini berdasarkan pada kajian terbaru dari Global Education Monitoring (GEM) Report, UNESCO.

Dalam kajian itu, GEM Report mendapati 15 juta anak perempuan menikah sebelum berusia 18 tahun setiap tahunnya secara global. Sekitar 16 juta anak berusia 15-19 tahun dan satu juta anak perempuan di bawah 15 tahun melahirkan setiap tahunnya di dunia.

“Lebih dari satu dari sepuluh kelahiran terjadi di antara anak perempuan berusia antara 15-19 tahun. Ini tidak hanya berarti akhir dari pendidikan mereka, tetapi juga seringkali berakibat fatal, dengan kehamilan dan kelahiran merupakan penyebab utama kematian di antara kelompok usia ini,”

Maka dari itu sangat perlu terutama perang orang tua dalam memberikan pendidikan seks usia dini, untuk itu mari kita jabarkan seberapa penting pendidikan seks usia dini,

1.PENDIDIKAN SEKS AGAR ANAK MENGENALI DIRI SENDIRI

Bagi seorang balita membedakan jenis kelamin bukanlah hal mudah karena konsep jenis kelamin merupakan hal baru bagi mereka, untuk itu orang tua perlu memberikan pemahaman yang mudah dan menyenangkan agar mudah untuk dipahami, cukup dengan menjelaskan bahwa anak laki – laki kelak akan tumbuh seperti ayah dan anak perempuan kelak akan tumbuh seperti ibu,

Berikan pula barang, mainan ,dan juga pakaian yang sesuai dengan jenis kelaminnya, jika orang tua memiliki kecenderungan mungkin si ibu adalah sosok yang agak tomboy tetaplah berusaha untuk menggunakan barang, melakukan aktivitas dan memakai pakaian yang sesuai dengan perempuan semestinya, begitu pula sebaliknya jika si ayah adalah seorang yang agak kalem,lemah gemulai tetaplah berusaha didepan anak untuk memperlihatkan ketegasan, kewibawaan dan juga kebijaksanaan seorang ayah agar anak tidak bingung dalam menentukan jati dirinya.

2.PENDIDIKAN SEKS AGAR MENGERTI BATASAN – BATASAN

Hal ini ditujukan kepada anak untuk mengenalkan bagian tubuh si anak, menjelaskan fungsi bagian tubuh tertentu dan juga menjelaskan kepada anak bagian – bagian mana dari tubuh yang tidak bolek dipegang sama sekali oleh orang lain seperti organ reproduksi, pantat, paha, bibir, dada.

Pemahaman ini sangat perlu agar tercipta tameng dalam diri anak untuk melindungi dirinya saat nanti mulai bersosialisasi dengan banyak orang.

3.PENDIDIKAN SEKS AGAR MENGETAHUI CARA MENJAGA KEBERSIHAN ORGAN REPRODUKSI

Saat anak mulai tumbuh tentu lama – lama kita sebagai orang tua harus memberikan potty training kepada anak agar anak bisa menjaga kebersihan organ reproduksi misalnya dengan mengajarkan untuk membasuh organ reproduksi setelah selesai buang air dan kemudian mencuci tangannya.

4.PENDIDIKAN SEKS AGAR MEMILKI BUDAYA MALU

Orang tua harus mengajarkan norma atau aturan – aturan yang berlaku di lingkungan sekitar seperti agar masuk kamar mandi umum sesuai dengan jenis kelaminnya, tidak buang air sembarangan, jangan buka baju disembarang tempat harus di tempat tertutup, dan juga memberikan penjelasan batasan – batasan saat bermain dengan lawan jenisnya.

Hal ini perlu karena kebiasaaan sejak dini akan dibawa sampai dewasa.

5.PENDIDIKAN SEKS AGAR ANAK MENJADI TERBUKA

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak akan mengalami masa pubertas yang mana akan terjadi perubahan – perubaha hormon di dalam tubuh begitu pula dengan hormon yang berkaitan dengan seksual .

Jika pendidikan seks tidak diajarkan sejak dini maka anak akan tabu,risih, dan malu bertanya kepada orang tua tentang hal yang berbau seks dan mereka akan mencari sendiri dari sumber lain yang saat ini sangatlah mudah untuk mencarinya tinggal browsing di internet dan tidak jarang dari sumber – sumber yang beredar di internet banyak sekali terselip iklan – iklan yang menuju ke hal yang tidak baik seperti iklan yang mengandung konten pornografi, jika dibiarkan berlarut akan sangat rentan terhadap anak – anak yang baru mengalami masa pubertas.

Maka dari itu pendidikan seks perlu diajarkan sejak usia dini agar terbangun sebuah keterbukaan antara orang tua terhadap anak – anak mengenai pendidikan seks, diharapkan jika anak sudah mengalami masa pubertas maka anak tidak akan malu bertanya kepada orang tua dan mau terbuka tentang hal yang belum diketahuinya tertutama dalam hal seks.

Setelah mengetahui pentingnya pendidikan seks usia dini hal yang perlu dilakukan orang tua adalah mengajarkannya secara bertahap karena anak tidak bisa langsung mengerti dan juga pemahaman anak disetiap umurnya juga akan berbeda beda, dikhawatirkan jika penjelasan yang diberika terlalu banyak nanti akan timbul kesalahpahaman.

Misal saat anak menginjak usia dibawah 5 tahun cukup ajarkan tentang perbedaan jenis kelamin antara laki – laki dan perempuan,ajarkan cara membasuh organ reproduksi, dan ajarkan tentang bagian mana saja dari tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain kecuali orang tua dalam artian pada saat anak usia 0 – 2 tahun mungkin anak belum bisa membasuh organ reproduksi sendiri nah disini orang tua bisa membantu membersihkan sekaligus pelan – pelan untuk mengajarinya.

Dan jangan lupa dalam memberikan pendidikan seks usia dini sampaikanlah materi secara mudah, sederhana dan menyenangkan.

sumber penulisan :1. https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bernadine/seberapa-penting-pendidikan-seks-untuk-balita/full 2 Desember 2019 oleh Bernandine Natasha 2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190614052418-255-403174/unesco-pendidikan-seks-harus-diterapkan-secara-komprehensif oleh Tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 06:10 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *