Fitur Baru Dari Instagram , Blokir Komentar Bullying

sumber gambar : https://media.idownloadblog.com/wp-content/uploads/2019/04/Instagram-Away-Mode-Nudge-Set-Limits.jpg

Aksi perundungan atau yang kerap disebut bulli makin kian merajalela di berbagai kalangan dan tempat, dan dampak yang diakibatkan dari aksi bulli tesebut tidaklah hanya bisa dilihat sebelah mata. Salah satu dari berbagai dampak mengerikannya dari bulli ketika seorang korban bulli telah memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Dan bahkan aksi itu kini kerap terjadi pada korban bulli yang memilih untuk mengakhiri hidupnya daripada bangkit untuk melawan si pembulli tersebut. Sungguh ironis bukan ? Bahkan diera digital saat ini banyak orang lebih mudah untuk membulli seseorang dengan bersembunyi dibalik kata – kata pedas dan bersembunyi dibalik jari – jari yang berhasil mematahkan semangat hidup seseorang.

Perlu banyak gandeng tangan,kesadaran dan keikhlasan untuk menangani masalah bulli/perundungan ini. Banyak sekarang dari platform media sosial telah berupaya untuk mencegah bulli di media sosial dengan berbagai solusi dan inovasi agar bisa menekan perkembangan bulli dan menekan berbagai dampak negatif yangg ditimbulkan dari bulli.

Salah satunya dari Instagram yang telah resmi meluncurkan fitur baru untuk melindungi para pengguna instagram dari para pembulli yang berkeliaran bebas di jagat maya ini.

Instagram resmi meluncurkan fitur untuk melindungi pengguna dari bullying.

tirto.id – Instagram resmi meluncurkan fitur terbarunya ‘Restrict’ (Batasi), usai melakukan pengujian beberapa waktu lalu ke sebagian pengguna. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pemilik akun untuk membatasi pengguna Instagram lain yang berkomentar kasar bernada merundung (bullying) di unggahan miliknya. Fitur ini juga bisa membatasi komentar di sebuah unggahan Instagram dan hanya akan dilihat oleh pemilik unggahan dan pemberi komentar saja.

Pihak Instagram melalui blog resminya mengatakan, fitur ini diluncurkan untuk melindungi para penggunanya dari tindak perundungan (bullying) yang kerap kali terjadi pada anak muda.

“Perundungan adalah isu yang kompleks, dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya, tapi mereka enggan untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka,” kata Instagram.

Cara Menggunakannya Fitur ini terbilang sangat mudah diaplikasikan para pengguna Instagram. Cukup dengan ‘swipe left’ atau tahan komentar yang ingin dibatasi dan pilih opsi “Restrict Account”. Secara langsung, komentar yang dibatasi tersebut hanya akan bisa dilihat oleh pembuat komentar dan si pemilik unggahan, dimana artinya orang lain tidak akan bisa melihat komentar tersebut.

Di sisi lain, Engadget mewartakan, pengguna yang dibatasi komentarnya ini tidak akan mendapat notifikasi apa pun terkait dengan pemblokiran tersebut. Sehingga mereka tidak akan mengetahui bahwa sebenarnya komentar yang mereka buat tak akan lagi muncul secara terbuka di unggahan pemilik akun Instagram mana pun.

Bahkan, fitur ini juga akan berpengaruh pada “Direct Message” (DM), pesan yang dikirim oleh akun ‘Restricted’ tadi bakal masuk ke “Message Request”, sebuah wadah yang berisi pesan-pesan dari orang yang tidak dikenal. Artinya, pihak terblokir juga tidak bisa melihat kapan sang pengguna yang membatasi tersebut terakhir aktif (last seen) di Instagram dan mereka juga tidak akan mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

“Fitur ‘Restrict’ dirancang untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,” kata Instagram. Pihak Instagram mengatakan bahwa fitur ini juga bisa dicabut kembali, cukup dengan pergi ke profil mereka atau memilih komentar yang dibuat dan pilih “Unrestrict” atau “Batal Batasi”, demikian ditulis The Verge.

sumber berita : https://tirto.id/cara-blokir-komentar-bullying-dengan-fitur-baru-instagram-ejiX 6 Oktober 2019 Kontributor: Adrian Samudro Penulis: Adrian Samudro Editor: Alexander Haryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *